Tag

, , , ,

Setelah hampir 3 tahun saya menjalani hidup di kota Jember, baru sekarang terpikirkan untuk mencoba mendaftar tempat2 wisata dan tempat2 menarik yang pernah saya kunjungi.

Alun-alun Jember

Alun-alun Jember adalah tempat dimana masyarakat banyak melakukan kegiatan refreshing. Mulai dari berolahraga maupun hanya nongkrong di seputar alun-alun. Pemerintah kota Jember membangun sebuah alun-alun yang cukup luas, dilengkapi dengan sarana olahraga seperti lapangan basket dan lapangan volley, serta adanya taman bermain di sebelah utara alun-alun. Di tengah alun-alun, terhampar lapangan rumput yang cukup luas, yang biasanya digunakan untuk upacara kenegaraan maupun untuk bermain sepak bola. Ada juga deretan pohon kelapa yang berjejer rapi, menambah asri suasana di alun-alun kota ini. Di sekitar alun-alun. ada beberapa tempat ibadah seperti masjid dan gereja. Ada juga beberapa bank yang memperlihatkan kesibukan perekonomian kota Jember.

suasana alun-alun kota di waktu malam

denah alun-alun kota Jember

Dataran tinggi Rembangan

12 km ke arah utara, ada suatu dataran tinggi yang menjadi tempat tongkrongan anak muda Jember. Tempat ini bernama Rembangan. Dari Rembangan kita bisa melihat suasana kota Jember di waktu malam. Kelap-kelip lampu kota yang dilihat dari tempat tinggi terlihat begitu indah, ditambah lagi dengan suasana yang sejuk (jauh lebih dingin daerah Batu – Malang) menambah suasana terasa romantis. Banyak warung-warung di sepanjang jalan yang berjualan kopi, roti bakar, jagung bakar dan panganan lainnya. Semakin ke atas, kita bisa menemukan tempat Agrowisata buah naga dan sebuah hotel yang cukup bagus dan nyaman untuk menginap.

Agrowisata Buah Naga

Hotel Rembangan

Taman Botani

Di daerah Sukorambi, ada satu taman bermain yang cukup menarik dengan fasilitas yang cukup lengkap. Taman Botani dibangun dengan tujuan sebagai tempat rekreasi sambil belajar. Dengan membeli tiket masuk Rp. 6.000 di hari biasa atau Rp. 7.000 di hari minggu, kita bisa menikmati sejuknya taman di tengah panasnya cuaca kota Jember. Fasilitas yang disediakan cukup beragam, diantaranya kebun tanaman mulai dari tanaman herbal, bunga dan buah-buahan, kandang kuda, kolam renang dan area bermain outbond yang cukup menantang untuk memacu adrenalin.

sarana outbond Taman Botani

kolam renang di Taman Botani

Taman Galaxy

Taman ini terletak di daerah kecamatan Mumbulsari Jember. Bila kita sampai disana di pagi atau sore hari, taman ini cukup menarik tetapi kalau siang taman ini panas sekali karena kurangnya pohon-pohon yang bisa menaungi dari terik matahari. Selain beberapa macam jenis tanaman, taman ini juga mempunyai beberapa koleksi hewan yang cukup menarik. Sayangnya, kita tidak boleh mengambil gambar tanpa ada alasan yang jelas dari pengelola.

Buat saya, yang lebih menarik adalah sepanjang jalan menuju ke taman ini. Dalam perjalanan menuju kesana, kita disuguhi pemandangan yang sangat menarik. Banyak rumah-rumah tradisional tempat mengeringkan tembakau yang terletak di tengah area persawahan yang hijau. Ada juga kebun karet yang tertata dengan rapi dan apik, membuat perjalanan menuju kesana menjadi tidak membosankan.

Wisata Agro Glantangan

Tempat wisata ini terletak di Kecamatan Tempurejo, 35 km ke arah tenggara kota Jember. Dengan tiket masuk yang cukup murah, Rp. 2.000 /orang, dan karcis parkir Rp. 1.000 untuk kendaraan roda 2 dan Rp. 2.000 untuk kendaraan roda 4, kita bisa menikmati sejuknya taman yang berada di tengah area perkebunan. Ada sebuah kolam renang dan juga kolam untuk bermain sepeda air yang disediakan pengelola.

kolam di WAG

Pantai Watuulo

Pantai ini terletak 40 km di sebelah selatan kota Jember. Tepatnya di daerah Kecamatan Ambulu Jember. Untuk menikmati deburan ombak di pantai ini, kita tidak dipungut biaya. Di pantai ini sering diadakan berbagai acara seperti Pekan Raya yang biasanya diadakan tiap tanggal 1 – 10 Syawal (setelah Lebaran).

Dinamakan Watuulo karena ada sekelompok batu yang berderet memanjang yang membentuk seperti ular. Menurut cerita rakyat, dikatakan bahwa pada zaman dulu kala ada sebuah ular yang sedang bertapa di pantai itu. Setelah terkabul permohonannya kepada Yang Maha Kuasa maka berwujudlah ia menjadi sebuah batu yang persis seekor ular dengan kepalanya menjulur ke laut, sedang badannya berada di daratan.

batu yang berderet panjang menyerupai ular

pasir sepanjang pantai Watuulo

Tanjung Papuma

Setelah kita mengunjungi pantai Watuulo, kurang lengkap rasanya bila tidak mengunjungi Tanjung Papuma. Terletak bersebelahan dengan pantai Watuulo, tanjung ini memiliki tekstur yang berbeda. Pasir di tanjung ini berwarna putih bersih, padahal hanya berjarak beberapa kilometer dari pantai Watuulo.

Di tanjung ini kita bisa menikmati suasana pantai yang indah dan sejuk. Selain itu, kita juga bisa melihat aktivitas para nelayan yang baru pulang melaut. Suasana di tanjung ini cukup sejuk karena ada pepohonan yang cukup rindang di sepanjang pantai. Ada juga beberapa cottage yang disewakan bila kita ingin menginap untuk menikmati sunset maupun sunrise.

Tanjung Papuma dilihat dari atas

pasir putih Tanjung Papuma

TPI Puger

Bagi yang ingin membeli ikan laut segar, bisa mencoba untuk trip ke TPI Puger. Selain bisa membeli di para penjual di sekitar TPI, kita juga bisa menawar langsung dari para nelayan yang baru pulang melaut. Banyak jenis ikan yang ditawarkan disini, mulai dari tongkol, tuna, bandeng, cumi-cumi, kerang dan ikan-ikan lainnya. Yang penting adalah pintar-pintarnya kita untuk memilih ikan yang masih segar dan tawar menawar dengan penjual untuk memperoleh harga yang murah.

aktivitas nelayan Puger

ikan hasil tangkapan nelayan Puger

Wah… setelah dilihat-lihat, ternyata belum begitu banyak tempat-tempat wisata yang sudah saya kunjungi.

Sepertinya harus mulai travelling lagi nih, mengeksplor tempat wisata di tempat saya tinggal.

Hmmm…. kemana lagi ya enaknya???😀