Tag

, , , , , ,

Menyambut tahun baru adalah salah satu kebiasaan paling tua dan paling menggembirakan di seluruh dunia. Tapi tidak ada festival yang dilakukan pada begitu banyak tanggal dan dengan begitu banyak cara.

Orang Yunani kuno mengawali tahun baru mereka saat terbitnya bulan baru setelah tanggal 21 Juni. Sebelum jaman Julius Caesar, tahun baru Romawi dirayakan pada tanggal 1 Maret. Di kebanyakan negara baru Romawi dirayakan pada tanggal 1 Maret. Di kebanyakan negara Eropa, pada abad pertengahan, tahun baru bearwal pada tanggal 25 Maret.

Sekarang ini, di kebanyakan negara tahun baru berawal pada tanggal 1 Januari. Tapi ada juga negara dan agama yang merayakan tahun baru pada tanggal yang berbeda tergantung pada kalender yang mereka pakai.

Bangsa Cina merayakan 2 tahun baru. Satu pada tanggal 1 Januari dan yang kedua berdasarkan kalender lunar (berdasarkan beredarnya bulan). Ini dapat terjadi antara tanggal 21 Januari dan 19 Februari.

Indonesia juga merayakan 2 tahun baru, yaitu pada tanggal 1 Januari dan pada Tahun Baru Islam yang berubah-ubah tanggalnya setiap tahunnya. Gereja Ortodok Rusia merayakan tahun baru menurut kalender Julian, yaitu pada tanggal 14 Januari. Tahun baru Yahudi, Rosh Hashanah, dirayakan pada equinox musim gugur pada akhir bulan September atau awal bulan Oktober. Di Vietnam, tahun baru biasanya berawal pada bulan Februari.

Iran merayakan tahun baru pada tanggal 21 Maret. Setiap agama di India mempunyai tanggal sendiri untuk merayakan tahun baru. Sebuah tahun baru Hindu jatuh antara bulan April atau Mei. Orang-orang di Maroko merayakan tahun baru pada hari ke-10 bulan Muharram, bulan pertama pada tahun Islam. Orang Korea merayakan tahun baru mereka pada 3 hari pertama pada bulan Januari.