Tag

, , , , , ,

Apa arti kata “takhyul?” Kalau kita harus menjelaskan, rasanya sangat sulit. Misalnya kita berkata bahwa kita percaya pada sesuatu yang tidak benar. Memang banyak hal yang dapat kita percayai, namun tidak bisa dibuktikan. Lagipula, pada saat tertentu dalam sejarah umat manusia, semua orang percaya pada sesuatu yang sekarang dianggap takhyul. Dan orang yang mempercayainya pada waktu itu sama sekali bukan orang yang senang takhyul.

Misalnya, mereka percaya bahwa bayangan seseorang adalah bagian dari nyawanya. Maka mereka menganggap akan melukai nyawa kalau benda dimana bayangan yang muncul itu pecah. Jadi, kalau cermin pecah dianggap “sial”. Tapi ingat, pada waktu itu, kepercayaan ini dipegang oleh hampir semua orang.

Sekarang ini, kalau ada orang yang menganggap memecahkan cermin itu sial, maka ia dianggap percaya takhyul, karena sekarang orang tidak lagi menganggap bayangan adalah bagian dari nyawa manusia. Jadi takhyul adalah kepercayaan atau tindakan yang tetap dipegang setelah fakta atau pengetahuan baru muncul untuk menyangkalnya. Itulah sebabnya mustahil untuk mengatakan kapan awalnya ada takhyul.