Pernah dengar tempat wisata yang bernama Kawah Ijen? Dulu waktu kuliah memang pernah teman saya bercerita tentang suatu tempat wisata di daerah Banyuwangi yang bernama Kawah Ijen. Hanya saja saya tidak terlalu tertarik karena memang tidak terlalu terkenal seperti Bromo atau Semeru.

Sekitar 1 bulan yang lalu, saya diajak teman-teman saya untuk mencoba mendaki sampai di Kawah Ijen. Ternyata…… pfiiiuhhhh…. it’s a wonderful crater. Keren banget…..

Untuk sampai di lokasi, kita bisa menggunakan kendaraan sampai di kaki gunung. Setelah itu kita bisa mulai mendaki sampai di Kawah Ijen. Perjalanan mendaki tidak terlalu jauh dan menanjak. Cukup menantang tapi tidak terlalu berat.

Di sepanjang perjalanan pendaki kita bisa bertemu dengan para penambang belerang yang membawa belerang dari Kawah Ijen sampai ke kaki gunung. Wah mereka bener-bener orang-orang yang kuat. Kita yang ga bawa apa-apa aja kalah jauh tertinggal di belakang dibandingkan dengan mereka. Kita juga bisa melihat pemandangan hutan yang hijau dan lembah yang keren banget.

Sampai di puncak, terbentanglah sebuah kawah yang sangat cantik. Sampai terpesona dan terkagum-kagum ngeliatnya. Kawah yang berwarna hijau dan berbau belerang. Dikelilingi dengan pemandangan lembah yang indah. Cantik nian euy….

Kalau mau, kita juga bisa turun sampai ke dasar kawah, melihat langsung aktivitas penambang belerang. Bahkan ada suatu tempat yang biasa dikunjungi pelancong sekedar untuk merasakan air belerang atau memasak telor rebus.

Dinginnya udara di puncak membuat kita tidak merasakan teriknya matahari walau sudah tinggi di atas kepala kita. Sejuk dan damai banget rasanya.

Ga kalah sama Bromo. It’s a wonderfull crater…. very beautiful….

Iklan